Apa Fungsi Tawas Dalam Penjernihan Air

Tawas adalah salah satu bahan kimia yang sering digunakan dalam penjernihan air. Bahan ini dipercaya mampu menghilangkan berbagai kontaminan yang terdapat dalam air sehingga air bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Namun, apakah kamu tahu apa saja fungsi tawas dalam penjernihan air? Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Menghilangkan Kekeruhan Air

Salah satu fungsi utama tawas dalam penjernihan air adalah untuk menghilangkan kekeruhan air. Kekeruhan air terjadi karena adanya partikel-partikel kecil yang tercampur dalam air sehingga air terlihat keruh dan tidak jernih. Dengan menggunakan tawas, partikel-partikel tersebut akan mengendap dan bisa dihilangkan sehingga air menjadi lebih jernih.

2. Menjernihkan Air Sungai dan Danau

Air yang berasal dari sungai atau danau seringkali mengandung banyak kontaminan yang harus dihilangkan sebelum digunakan. Tawas dapat membantu untuk menjernihkan air dari sungai atau danau tersebut sehingga air bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti mandi, mencuci, dan memasak.

3. Membunuh Bakteri dan Virus

Tawas juga dipercaya mampu membunuh bakteri dan virus yang terdapat dalam air. Hal ini karena tawas mengandung zat kimia yang bisa membunuh mikroba dan menghentikan perkembangan bakteri dan virus tersebut.

4. Menjaga Kesehatan

Dengan menggunakan air yang bersih dan terjernih, kamu bisa menjaga kesehatan dan menghindari berbagai penyakit yang bisa disebabkan oleh air yang tidak bersih. Air yang sudah diolah dengan tawas menjadi lebih aman untuk digunakan karena sudah terbebas dari berbagai kontaminan.

5. Mengurangi Biaya Pembersihan

Air yang bersih dan terjernih akan mengurangi biaya pembersihan. Hal ini karena air yang tidak bersih akan meninggalkan noda dan kotoran pada peralatan dan pakaian yang dicuci. Dengan menggunakan air yang sudah diolah dengan tawas, kamu bisa menghindari hal tersebut sehingga biaya pembersihan bisa lebih terkendali.

6. Mencegah Kerusakan Peralatan

Air yang terlalu keras bisa merusak peralatan yang digunakan untuk memasak atau mencuci. Tawas dapat membantu mengendapkan mineral-mineral yang terdapat dalam air sehingga air menjadi lebih lunak dan tidak akan merusak peralatan yang digunakan.

7. Menjaga Lingkungan

Dengan menggunakan air yang bersih dan terjernih, kamu juga turut menjaga lingkungan sekitar. Air yang bersih tidak akan meninggalkan dampak buruk pada lingkungan seperti menimbulkan bau atau mencemari lingkungan sekitar.

8. Mengurangi Penggunaan Plastik

Dengan memiliki akses ke air bersih dan terjernih, kamu bisa mengurangi penggunaan plastik untuk membeli air kemasan. Hal ini akan membantu mengurangi penggunaan plastik secara global dan turut berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Kesimpulan

Tawas memang memiliki berbagai fungsi penting dalam penjernihan air. Dengan menggunakan tawas, kamu bisa mendapatkan air yang bersih dan terjernih yang aman untuk digunakan dan turut berkontribusi dalam menjaga lingkungan. Namun, pastikan kamu menggunakan tawas dengan benar dan sesuai dosis agar tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan.

FAQ

1. Apakah tawas aman untuk digunakan dalam penjernihan air?

Ya, tawas aman untuk digunakan dalam penjernihan air. Namun, pastikan kamu menggunakan tawas dengan benar dan tidak melebihi dosis yang dianjurkan.

2. Apakah tawas bisa digunakan untuk semua jenis air?

Tawas bisa digunakan untuk hampir semua jenis air. Namun, pastikan kamu menyesuaikan dosis sesuai dengan jenis air yang akan diolah.

3. Bagaimana cara menggunakan tawas dalam penjernihan air?

Cara menggunakan tawas dalam penjernihan air cukup mudah. Tawas bisa ditambahkan ke dalam air yang akan diolah dengan dosis yang sesuai dan diamkan beberapa saat hingga partikel-partikel terendap. Kemudian, air yang sudah terbebas dari partikel-partikel tersebut bisa digunakan.

4. Apa saja efek samping yang bisa ditimbulkan dari penggunaan tawas dalam penjernihan air?

Jika digunakan dengan dosis yang melebihi batas, tawas bisa menimbulkan efek samping seperti iritasi kulit, gangguan pernapasan, dan keracunan.

5. Apa yang harus dilakukan jika terjadi keracunan akibat penggunaan tawas yang berlebihan?

Jika terjadi keracunan akibat penggunaan tawas yang berlebihan, segera cari pertolongan medis dan hindari mengonsumsi atau menghirup tawas lebih lanjut.

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Silahkan baca artikel lainnya mengenai topik yang menarik lainnya.