Alat Penjernih Air Dan Fungsinya

Air adalah salah satu kebutuhan pokok manusia. Tubuh manusia terdiri dari 60% air, sehingga air sangat penting bagi kesehatan dan kehidupan manusia. Namun, tidak semua air di sekitar kita aman untuk dikonsumsi. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi kualitas air, seperti polusi, bakteri, virus, logam berat, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, alat penjernih air sangat penting dalam memastikan air yang kita konsumsi aman dan sehat bagi tubuh. Berikut adalah beberapa jenis alat penjernih air dan fungsinya:

1. Penjernih Air Sederhana

Penjernih air sederhana adalah alat penjernih air yang dapat dibuat sendiri dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan di sekitar kita. Alat ini biasanya terdiri dari bahan saringan seperti kain, pasir, dan batu kerikil. Fungsinya adalah untuk menyaring kotoran dan partikel-partikel kecil yang ada di dalam air. Meskipun penjernih air sederhana ini belum sepenuhnya dapat menghilangkan bakteri dan virus, tetapi dapat membantu mengurangi risiko penyakit yang disebabkan oleh kotoran dan partikel-partikel kecil tersebut.

2. Penjernih Air Karbon Aktif

Penjernih air karbon aktif adalah alat penjernih air yang menggunakan karbon aktif sebagai bahan utamanya. Karbon aktif adalah bahan yang sangat efektif dalam menghilangkan bau, rasa, dan warna pada air, serta dapat mengurangi kandungan logam berat dalam air. Selain itu, penjernih air karbon aktif juga dapat membantu menghilangkan klorin dan bahan kimia lainnya yang biasa digunakan dalam pengolahan air.

3. Reverse Osmosis

Reverse osmosis adalah alat penjernih air yang menggunakan membran semipermeabel untuk menyaring kotoran, bakteri, virus, logam berat, dan bahan kimia dari air. Alat ini sangat efektif dalam menghasilkan air yang sangat bersih dan aman untuk dikonsumsi. Namun, alat ini biasanya memerlukan biaya yang lebih mahal dibandingkan dengan alat penjernih air lainnya.

4. UV Water Purifier

UV water purifier adalah alat penjernih air yang menggunakan sinar ultraviolet (UV) untuk membunuh bakteri dan virus di dalam air. Alat ini sangat efektif dalam membunuh bakteri dan virus yang sulit dihilangkan dengan alat penjernih air lainnya. Namun, alat ini tidak dapat menghilangkan kotoran dan partikel-partikel kecil di dalam air.

5. Ozonator

Ozonator adalah alat penjernih air yang menggunakan ozon untuk membunuh bakteri dan virus di dalam air. Alat ini sangat efektif dalam membunuh bakteri dan virus, serta dapat membantu menghilangkan bau dan warna pada air. Namun, alat ini juga memerlukan biaya yang lebih mahal dibandingkan dengan alat penjernih air lainnya.

6. Water Softener

Water softener adalah alat penjernih air yang digunakan untuk menghilangkan kandungan mineral seperti kalsium dan magnesium di dalam air. Alat ini sangat efektif dalam menghilangkan kerak pada pipa dan peralatan rumah tangga, serta dapat membuat sabun dan deterjen bekerja lebih efektif.

7. Ceramic Water Filter

Ceramic water filter adalah alat penjernih air yang menggunakan keramik sebagai bahan utamanya. Alat ini dapat membantu menyaring kotoran dan partikel-partikel kecil di dalam air, serta dapat membunuh bakteri dan virus. Alat ini sangat cocok digunakan di daerah yang sulit mendapatkan air bersih.

8. Ionizer

Ionizer adalah alat penjernih air yang menggunakan teknologi ionisasi untuk membuat air menjadi lebih bersih dan sehat. Alat ini dapat membantu menghilangkan bakteri, virus, logam berat, dan bahan kimia dalam air. Selain itu, alat ini juga dapat membantu meningkatkan pH dan kandungan oksigen dalam air.

FAQ

Q: Apakah semua jenis alat penjernih air dapat menghilangkan bakteri dan virus di dalam air?

A: Tidak semua jenis alat penjernih air dapat menghilangkan bakteri dan virus di dalam air. Beberapa jenis alat penjernih air hanya dapat membantu mengurangi risiko penyakit akibat kotoran dan partikel-partikel kecil di dalam air.

Q: Berapa lama umur pemakaian alat penjernih air?

A: Umur pemakaian alat penjernih air tergantung pada jenis alat dan cara perawatan yang dilakukan. Beberapa jenis alat penjernih air dapat bertahan hingga 5 tahun atau lebih dengan perawatan yang baik.

Q: Apakah air hasil dari alat penjernih air sudah pasti aman untuk dikonsumsi?

A: Meskipun air hasil dari alat penjernih air sudah terlihat bersih dan jernih, tetapi tidak selalu aman untuk dikonsumsi. Alat penjernih air hanya dapat membantu menghilangkan kotoran, bakteri, virus, logam berat, dan bahan kimia dalam air, tetapi tidak dapat menghilangkan zat-zat yang lebih kecil seperti pestisida dan obat-obatan. Oleh karena itu, ada baiknya untuk tetap memeriksakan air ke laboratorium untuk memastikan air sudah benar-benar aman dan sehat untuk dikonsumsi.

Kesimpulan

Alat penjernih air sangat penting dalam memastikan air yang kita konsumsi aman dan sehat bagi tubuh. Ada banyak jenis alat penjernih air yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan budget. Namun, sebaiknya tetap memeriksakan air ke laboratorium untuk memastikan air sudah benar-benar aman dan sehat untuk dikonsumsi. Terima kasih sudah membaca artikel ini. Silahkan baca artikel lainnya di website kami.