Alat Penjernih Air Berbahan Alami

Air bersih merupakan kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi setiap harinya. Namun, tidak semua air yang tersedia di lingkungan sekitar kita sudah bisa dipastikan kebersihannya. Air yang tercemar dapat menjadi sarang penyakit dan bahkan bisa menjadi racun bagi tubuh manusia. Oleh karena itu, penting untuk memiliki alat penjernih air yang bisa membantu menyaring air agar lebih bersih dan aman untuk dikonsumsi. Dalam artikel ini, kamu akan mengetahui tentang alat penjernih air berbahan alami yang dapat kamu buat sendiri di rumah.

1. Karbon Aktif

Karbon aktif merupakan bahan alami yang sering digunakan sebagai media penyaring air. Karbon aktif dapat menyerap berbagai jenis zat kimia dan logam berat yang terdapat di dalam air. Cara membuat karbon aktif sendiri cukup mudah, yaitu dengan membakar kayu atau tempurung kelapa hingga menjadi arang, kemudian mengaktifkan arang dengan memanaskannya dengan gas atau air panas.

2. Lumpur Aktif

Lumpur aktif merupakan campuran air dan lumpur yang dapat menyaring air dari berbagai jenis kotoran dan bakteri. Lumpur aktif bisa dibuat dengan cara mencampurkan air dan tanah liat, kemudian biarkan selama beberapa hari hingga terbentuk lapisan lumpur di bagian atasnya. Setelah itu, lumpur tersebut dapat digunakan sebagai media penyaring air.

3. Batu Kapur

Batu kapur memiliki sifat yang dapat menetralkan pH air yang terlalu asam. Batu kapur juga dapat menghilangkan zat besi dan mangan dari dalam air. Cara menggunakan batu kapur sebagai media penyaring air cukup dengan menempatkannya di dalam wadah atau ember yang berisi air yang akan disaring.

4. Tanah Liat

Tanah liat juga dapat digunakan sebagai media penyaring air yang alami. Tanah liat dapat menyerap zat kimia dan bakteri yang terdapat di dalam air. Cara membuat tanah liat sendiri cukup dengan mencampurkan tanah liat dengan sedikit air hingga membentuk adonan yang cukup kental, kemudian bentuk adonan tersebut sesuai dengan ukuran alat yang kamu inginkan.

5. Kayu Akasia

Kayu akasia merupakan jenis kayu yang sering digunakan sebagai media penyaring air. Kayu akasia dapat menghilangkan zat kimia dan bakteri dari dalam air. Cara membuat kayu akasia sendiri cukup dengan mengambil sebatang kayu akasia yang masih segar, kemudian potong kayu tersebut sesuai dengan ukuran alat yang kamu inginkan.

6. Bambu

Bambu juga dapat digunakan sebagai media penyaring air yang alami. Bambu dapat menyerap zat kimia dan bakteri yang terdapat di dalam air. Cara membuat bambu sendiri cukup dengan memotong bambu yang masih segar menjadi beberapa bagian, kemudian bersihkan bagian dalam bambu dengan menggunakan alat yang tajam.

7. Air Kelapa

Air kelapa juga dapat digunakan sebagai media penyaring air yang alami. Air kelapa dapat menghilangkan kotoran dan zat kimia dari dalam air. Cara menggunakan air kelapa sebagai media penyaring air cukup dengan menempatkan air kelapa di dalam wadah yang berisi air yang akan disaring.

8. Kain Saring

Kain saring merupakan bahan yang biasa digunakan untuk menyaring air. Kain saring dapat menahan partikel-partikel kecil yang terdapat di dalam air. Cara membuat kain saring sendiri cukup dengan menggunakan kain yang bersih dan berkualitas baik, kemudian jahitlah kain tersebut menjadi bentuk wadah yang sesuai dengan ukuran alat yang kamu inginkan.

Kesimpulan

Alat penjernih air yang berbahan alami dapat menjadi alternatif yang baik untuk menyaring air agar lebih bersih dan aman untuk dikonsumsi. Selain itu, alat-alat tersebut juga mudah untuk dibuat di rumah dengan biaya yang terjangkau. Namun, kamu perlu mengetahui cara penggunaannya dengan benar agar air yang kamu saring benar-benar bersih dan aman untuk dikonsumsi.

FAQ

Q: Apakah alat penjernih air berbahan alami aman digunakan?
A: Ya, alat penjernih air berbahan alami aman digunakan karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat membahayakan kesehatan tubuh manusia.

Q: Apakah alat penjernih air berbahan alami mudah dibuat di rumah?
A: Ya, alat penjernih air berbahan alami mudah untuk dibuat di rumah dengan biaya yang terjangkau.

Q: Apa saja bahan yang dapat digunakan sebagai media penyaring air?
A: Bahan yang dapat digunakan sebagai media penyaring air, antara lain karbon aktif, lumpur aktif, batu kapur, tanah liat, kayu akasia, bambu, dan kain saring.

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Silahkan baca artikel lainnya untuk menambah wawasan kamu tentang lingkungan dan kegiatan yang positif untuk alam.