Alat Dan Bahan Untuk Membuat Penjernih Air Sederhana

Masyarakat Indonesia masih berjuang untuk mendapatkan air bersih yang layak untuk dikonsumsi. Banyak daerah di Indonesia yang masih memiliki kualitas air yang buruk dan tidak aman untuk dikonsumsi. Oleh karena itu, banyak orang mencari cara untuk memurnikan air mereka sendiri agar aman untuk diminum. Salah satu cara untuk membuat air bersih adalah dengan membuat penjernih air sederhana. Dalam artikel ini, kamu akan mengetahui alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat penjernih air sederhana.

1. Botol Transparan

Botol transparan adalah alat utama yang dibutuhkan untuk membuat penjernih air sederhana. Botol yang biasa digunakan adalah botol bekas air mineral yang cukup besar. Botol tersebut harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum digunakan.

2. Pasir Kasar

Pasir kasar adalah bahan yang digunakan untuk menangkap partikel-partikel besar di dalam air seperti daun, batu, atau kotoran lainnya. Pasir kasar biasanya ditemukan di tepi sungai atau pantai. Pasir kasar tersebut harus dicuci terlebih dahulu sebelum digunakan.

3. Pasir Halus

Pasir halus adalah bahan yang digunakan untuk menangkap partikel-partikel kecil yang tidak dapat ditangkap oleh pasir kasar. Pasir halus biasanya ditemukan di tepi sungai atau pantai. Pasir halus tersebut harus dicuci terlebih dahulu sebelum digunakan.

4. Arang Aktif

Arang aktif adalah bahan yang digunakan untuk menyerap bau dan rasa yang tidak diinginkan dalam air. Arang aktif dapat dibeli di toko-toko yang menjual bahan-bahan kimia. Arang aktif yang digunakan harus bersih dan tidak tercemar.

5. Batu Kerikil

Batu kerikil adalah bahan yang digunakan sebagai lapisan dasar dalam botol. Batu kerikil digunakan untuk memisahkan pasir kasar, pasir halus, dan arang aktif. Batu kerikil harus dicuci terlebih dahulu sebelum digunakan.

6. Kain Saring

Kain saring adalah bahan yang digunakan untuk menyaring air yang telah dimurnikan dari botol. Kain saring yang digunakan harus bersih dan tahan air. Kain saring dapat dibeli di toko-toko kain.

7. Tangki Penampungan

Tangki penampungan adalah alat yang digunakan untuk menyimpan air yang telah dimurnikan. Tangki penampungan dapat dibeli di toko-toko bangunan atau toko-toko perlengkapan rumah tangga.

8. Pipa dan Selang

Pipa dan selang digunakan untuk mengalirkan air dari botol ke tangki penampungan. Pipa dan selang yang digunakan harus bersih dan tidak bocor. Pipa dan selang dapat dibeli di toko-toko bangunan atau toko-toko perlengkapan rumah tangga.

FAQ

Q: Apa yang harus dilakukan setelah semua bahan dan alat telah siap?
A: Setelah semua bahan dan alat telah siap, kamu dapat memulai membuat penjernih air sederhana dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
1. Potong botol bekas menjadi dua bagian.
2. Letakkan batu kerikil pada bagian bawah botol.
3. Letakkan pasir kasar di atas batu kerikil.
4. Letakkan pasir halus di atas pasir kasar.
5. Letakkan arang aktif di atas pasir halus.
6. Tutup bagian atas botol dengan kain saring.
7. Letakkan botol tersebut di atas tangki penampungan.
8. Sambungkan pipa dan selang dari botol ke tangki penampungan.
9. Tuang air yang akan dimurnikan ke dalam botol.
10. Tunggu beberapa saat hingga air disaring melalui lapisan batu kerikil, pasir kasar, pasir halus, dan arang aktif.
11. Air yang telah dimurnikan akan mengalir ke dalam tangki penampungan melalui pipa dan selang.
Q: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat penjernih air sederhana?
A: Waktu yang dibutuhkan untuk membuat penjernih air sederhana tergantung pada keterampilan dan pengalaman pembuatnya. Namun, rata-rata waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 30-45 menit.

Kesimpulan

Membuat penjernih air sederhana merupakan cara mudah dan murah untuk mendapatkan air bersih yang layak untuk dikonsumsi. Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat penjernih air sederhana terdiri dari botol transparan, pasir kasar, pasir halus, arang aktif, batu kerikil, kain saring, tangki penampungan, pipa, dan selang. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan, kamu dapat membuat penjernih air sederhana secara mandiri di rumah. Terima kasih telah membaca artikel ini. Silakan baca artikel kami yang lain untuk mengetahui lebih banyak informasi menarik.